State of Divinity

HomeResensiSerialState of Divinity

blueberry
15 Desember 2003 jam 11:17am

Sinopsis:
State of Divinity 2000 (SOD) merupakan serial asal Taiwan yg dibintangi oleh Richie Ren sbg Linghu Chong, Anita Yuen sbg Ren Ying Ying, Coco Suen sbg Tien Bo Guang & Vivian Chen sbg Yue Ling San.

SOD 2000 dibuka dgn cerita pembunuhan ketua partai Bulan & Matahari, Ren Wo Xin dan penculikan anaknya yg masih kecil, Ren Ying Ying, yg baru saja diangkat sbg Putri Suci partai Bulan & Matahari.

Linghu Chong adalah murid tertua dr partai HuaShan yg dipimpin oleh Yue Bu Qun & istirnya. Yue Bu Qun mempunyai seorang anak gadis bernama Yue Ling San yg saling menyukai dangan Linghu Chong. Linghu Chong bersifat suka berbuat semaunya sendiri, tidak peduli dgn pandangan org lain tapi selalu berpegang teguh pada prinsip kebenaran. Karena inilah dia akhirnya bersahabat dgn Tien Bo Guang, seorg pemerkosa yg dianggap sbg org sesat oleh partai2 lurus. Suatu hari, partai HuaShan menerima seorang murid baru bernama Lin Ping Zhi. Orang tua Lin Ping Zhi dibunuh karena mereka tidak sudi memberikan jurus pedang keluarga (pedang penakluk iblis) mereka itu kpd sang pembunuh. Ketika Linghu Chong dihukum oleh gurunya dikurung disebuah goa, Yue Ling San & Ping Zhi menjadi akrab. Kesalah pahaman semakin sering terjadi antara Ling San & Linghu Chong karena Ling San merasa Linghu Chong tidak jujur terhadapnya. Secara tidak sengaja, Linghu Chong menemukan jurus2 rahasia yg terukir didinding goa, dan dia bertemu dgn sesepuh yg mengajari dia jurus pedang sakti, jurus Du Gu.

Nasib kemudian mempermainkan Linghu Chong. Dia tidak bisa memberitahukan pada gurunya siapa yg mengajari dia jurus pedang tersebut shg sang guru marah. Peristiwa demi peristiwa pun terjadi & Linghu Chong pun terlibat dgn partai sesat Bulan Matahari. Ketika Linghu Chong terluka parah, dia ditolong oleh Ren Ying Ying yg menyamar sebagai nenek tua. Pelan2 kemudian Ying Yin pun jatuh cinta pada Linghu Chong yg msh tetap memikirkan Ling Shan. Ying Ying rela berkorban dikurung di Shaolin demi kesembuhan Linghu Chong. Nama Linghu Chong semakin hancur & akhirnya dia dikeluarkan dr HuaShan krn dianggap berbuat sesat. Suatu hari, Linghu Chong bertemu dgn pelindung kanan partai Bulan Matahari, Xiang Wentian. Rencana Xiang utk menyembuhkan luka Linghu Chong ternyata membawa Linghu Chong secara tidak langsung menyelamatkan Ren Wo Xing yg dikurung dr penjara bawah danau & secara tidak sadar belajar ilmu Penghisap Bintang yg mampu menyembuhkan lukanya.

Cerita kemudian berkisah bahwa Linghu Chong pun pelan2 mulai jatuh cinta pada Ren Ying Ying. Pelan tapi pasti, semua dalang kejahatan yg terjadi selama ini pun mulai terkuak. Linghu Chong juga menerima amanat terakhir dr ketua partai HengShan yg dibunuh, utk menjadi ketua berikutnya. Cerita akhirnya membawa kita mengetahui bahwa Cao Leng Shan, pimpinan partai Wu Ik, berniat tidak baik. Lin Ping Zhi juga membongkar kejahatan Yue Bu Qun yg ternyata menyembunyikan kitab pedang penakluk iblis milik keluarga Ping Zhi, kejahatan Bu Qun yg mampu membunuhserta memfitnah muridnya sendiri & rahasia dr kitab pedang penakluk iblis tsb. Pernikahan Ping Zhi & Ling San pun berakhir dgn tragis krn Ping Zhi hanya memanfaatkan Ling San & akhirnya mereka berdua pun mati. Slth berkelahi & membunuh Dongfang Bu Bai , Ren Wo Xing akhirnya menjadi ketua partai Bulan Matahari kembali. Tp kerena kejahatannya, maka akhirnya Ren Wo Xing pun mati ditangan Ren Ying Ying & Linghu Chong.

Overall rating:
Richie Ren tidak cocok utk berperan sbg pendekar dalam cerita silat manapun. Dia tdk mempunya tampng, wibawa & aura seorang pendekar. Vivian Chen sbg Yue Ling San pun amat annoying. Tiap kali menonton serial ini, saya selalu memakai jurus fast-forward karena tidak tahan oleh dialog2 yg tidak perlu. Satu2nya hiburan dlm cerita ini adalah Anita Yuen yg berperan sangat bagus sbg Ying Ying & Coco Suen yg mampu membuat orang terjijik2 oleh Tien Bo Guang. Lagu2 dlm SOD 2000 ini banyak dinyanyikan oleh Richie Ren. Cukup bagus sbg soundtrack. Tapi lagu favorit saya dlm serial ini adalah “Fen Fei” yg dinyayikan oleh Yuki Hsui. Fighting scene biasa2 saja….banyak menggunakan efek daun2 berterbangan ato sinar utk adegan perkelahian.

SOD 2000 ini adalah satu2nya versi yg pernah saya tonton. Oleh karena itu saya tdk bisa membandingkan dgn versi2 lain. Banyak orang yg mengatakan bahwa versi ini menyimpang jauh dari novel aslinya. Tidak heran mengingat serial ini adalah buatan Yang Pei Pei. Saya tidak merekomendasikan utk menonton serial ini. Jika anda mau, cobalah utk menonton versi TVB 1996 atau versi Mainland 2001 (sampai sekarang, kedua versi ini belom beredar di Indonesia).

Nilai 1 stars
Kategori Serial
Negara Taiwan
Tahun 2000
HitCount 3.576

5 komentar

icon_comment Baca semua komentar (5) icon_add Tulis Komentar

#1
ToOn99 15 Desember 2003 jam 12:35pm  

wah... blueberry kejam banget deh! masak cuman dikasih 4 out of 10.

#2 avatar
andrea7974 2 Januari 2004 jam 4:53pm  

setuju sama Blueb. Tokoh Ling Hu Chong jadi rusak karakter dan imagenya karena Richie Ren. 4 dari 10 kayaknya terlalu murah hati. Saya cenderung untuk memberi nilai 3 dari 10.

#3
ririn 19 Januari 2006 jam 3:04pm  

setuju-setuju, mendingan nonton yang versi mainlandnya, jauh lebih bagussan

#4 avatar
w13t4 22 Agustus 2006 jam 12:54pm  

Iyeee sih...
gw juga sangat menyayangkan kenapa yang maen richie ren.. :(
tapi gak pa-pa......anita yuen maennya baguuusss kok.... :p :))

#5 avatar
youyou 11 Maret 2009 jam 12:48pm  

menurutku kalo yang maen richie ren filmnya jadi lucu,emang sih dia ga punya tampang boeat jadi pendekar, orang tampang dia tuh cocoknya maen film konyol :))