Post-16132

Post 2 dari 9 dalam Animasi

HomeForumComputersAnimasiPost-16132

#2 avatar
Azalae 31 Maret 2005 jam 11:42am  

thor, untuk bikin tergantung kebutuhan. berhubung ini buat welcome screen gue anggap minimum 5 menit.

animated-gif paling ga efisien karena makin lama animasinya makin besar filenya. ukuran 600x400 pixels (full screen untuk monitor kecil) 5 menit bisa belasan MB apalagi kalo complex (banyak perbedaan). pake internet indo bisa botak duluan.

flash standard buat website tapi harus yakin yang liat punya flash player buat plug-in di browser. juga versinya harus sama. misal flash file yang dibuat untuk versi 7 blom tentu jalan di flash player 5.

video juga bisa tapi tergantung format apa. misal quicktime (.mov) ato realmedia (.rm) yah harus yakin user punya plug-in quicktime ato real media. paling aman sih pake windows video format. kan 80% computer pake windows. tapiiii loadingnya lama loh. ini juga butuh size gede, tapi lebih kecil dari gif sih.

ok itu tadi di atas cuma masalah browser/player/plug-in. sekarang software untuk bikinnya.

gif paling gampang. tinggal kumpulin gambar, merge, set berapa detik untuk tiap frame udah jadi. banyak program untuk bikin ini. kalo punya Adobe Photoshop mestinya punya Adobe ImageReady nah ini bisa dipake.

video yah bisa pake handycam rekam sendiri ato bikin 3d renders.

flash juga sama bisa film rekaman (flash bisa play video, wav, mp3), 3d renders, ato vector graphics.

sekarang gua jelasin vector graphic. ada dua cara untuk bikin gambar 2d: pixel map ato vector graphic.

pixel map tuh kaya photoshop. mau bikin garis yah langsung coret aja. persis kaya kita gambar di kertas biasa pake pensil.

vector graphic tuh corel draw, pake object. misal kita mau bikin lingkaran harus kasih tau titik pusat, diameter ato radius, jenis garis, ketebalan garis dan warna dalam lingkaran.

gambar cara pixel gampang banget dan hasilnya bagus untuk gambar yang ga teratur -- gambar alamiah. kaya pemandangan, manusia, hewan, bunga. tapi susah untuk ngerubah. kaya kita udah gambar muka orang di kertas trus mau gedein idungnya yah harus apus hidung trus gambar ulang kan.

vector lebih susah tapi hasilnya jernih dan gampang dirubah. mau gedein kotak tinggal kasih nilai baru buat panjang dan lebar. mau rubah warna tinggal kasih nilai baru. mau gerakin juga tinggal geser object kotaknya.

flash pake vector. bisa load pixel image tapi sebagai texture.

nah sekarang 2d udah ngerti, kita pindah ke 3d. udah tau kan 3d = 3 dimensions? 3d animation menghasilkan animasi paling bagus tapi juga palinggg suuusssaaahhhhhh. animator jago biasanya bikin semua object dari awal. mau bikin kotak bukan hanyak 4 garis lagi tapiiii 12 garis.

nahhh sekarang bayangin untuk bikin bola berapa garis? :D ratusan? lebih. ribuan? lebih. jutaan? lebih. milyaran? lebih. yang bener tak terhingga. tapii ga mungkin bikin sampe tak terhingga, makanya kalo liat bola di 3d model biasanya ga terlalu mulus.

3d animation emang susah tapi begitu selesai bikin model/object nya, segala macam gerakan bisa. abis bikin model manusia misalnya, bisa bikin thor lari2, lompat2, tidur, jadi superman.

standard jaman sekarang sih pake Macromedia Flash alias Shockwave ato Macromedia Director buat animasi lebih complex.

pertama bikin object entah 2d ato 3d. import ke Flash sebagai object trus gerak2in terserah. ingat animasi yang bener harus punya gambar berbeda yang terus berganti tiap 1/20 detik. misal gambar yang sama digerak2in doang yah bukan animasi namanya.

untuk bikin 2d banyak banget prog kaya Photoshop ato Corel Draw yang mahal. yang gratis juga banyak tapi ga begitu lengkap featurenya. buat gambar sederhana Windows Paint juga cukup sih. :p

untuk 3d yang paling ngetop sekarang 3D Studio Max (paling mahal), Truespace, Adobe Dimensions, Bryce, dan yang gratis Blender (blender3d.org) ;)

bikin 3d animation butuh computer jago loh buat rendering. pertama kita bikin model yang masih garis2 (frame), dikasih permukaan (texture), tambah cahaya (dan bayangan), kasih translation (tangan gerak kiri kanan, kaki jalan, etc), terakhir kita render.

render artinya semua informasi dari model, texture, cahaya dan gerakan semua digabung untuk dibuat animasi ato film. makin complex scene nya makin lama proses rendernya.