Home → Forum → Books → membuat gambar gaya komik hongkong (manhua)
#1 | ![]() |
yanuarep
2 Oktober 2008 jam 3:12am
 
eh apa ada yg tau tips atau trik untuk membuat gambar dari foto menjadi gaya komik hongkong??? aku dah coba cari-cari gak ketemu jg. |
#2 | ![]() |
yanuarep
2 Oktober 2008 jam 3:14am
 
sebagai tambahan, temanku katanya pernah lihat dlm suatu situs bhs china, dg program photoshop. |
#3 | ![]() |
Azalae
2 Oktober 2008 jam 2:59pm
 
udah tau ini? Man Wai Cheung & Wai Kit Leung -How To Draw Kung Fu Comics paling penting belajar anatomy, motions, lighting, fabric. kalo udah ngerti gampang kok niru style orang laen. sebenernya masalah style ga penting. tiap orang punya style sendiri ga harus sama. malah terlalu sama juga bikin bosen. |
#4 | ![]() |
yanuarep
8 Oktober 2008 jam 12:39am
 
trims atas petunjuknya. |
#5 | ![]() |
Azalae
8 Oktober 2008 jam 12:15pm
 
untuk realistik emang mesti belajar.
untuk sumber jurus silat tergantung fokus. kalo mau bikin gerakan bagus, cukup liat film/seri silat. koreografi keren tapi cuma tarian. dibuat berantem beneran ga berguna. untuk jurus beneran terpaksa kursus bela diri. gerakan biasanya ga bagus tapi bertenaga. kostum dan arsitek bangunan baca buku sejarah dan liat documentary. jangan liat film/seri silat, kebanyakan salah. mengenai senjata baca tentang logam, sejarah, dan budaya. tiap senjata dibuat untuk tujuan tertentu dan hanya di daerah tertentu. tergantung fokus juga. mau tampilan keren ato realistik. misal senjata Cloud di Final Fantasy pake Claymore raksasa. untuk tampilan keren tapi ga masuk akal.
jadi untuk realistis jangan terlalu mencontoh komik yang sudah ada. paling penting banyak membaca buku non-fiksi untuk cari ilmu. |
#6 | ![]() |
yanuarep
11 Oktober 2008 jam 2:34am
 
|
#7 | ![]() |
Azalae
12 Oktober 2008 jam 2:50pm
 
iya gambar realistik emang susah. jaohhh lebih susah drpd kartun imut. makanya komik ato kartun jarang pake realistik. terlalu lama ntar bikinnya. ato mendingan liat komik barat, lebih real. wajah pelajari mulai dari bentuk tengkorak. trus proporsi otot kepala. heheh jangan ngikuti petunjuk gambar kepala pake pedoman kartun (bikin lingkaran trus dibagi dua dst). kalo udah ngerti anatomy tinggal banyak liat foto untuk pelajari ekspresi. tapi kalo ga ngerti anatomy cuma liat foto lebih susah. kan masih ga ngerti proporsi tulang dan otot. shadow harus ngerti pelajaran lighting tuh. pantulan cahaya lampu ama matahari beda. ga cuma sudut aja, harus liat light diffraction juga misalnya. sama2 cahaya matahari di ruangan berdebu ama ruangan bersih juga beda. pelajaran gambar perspektik untuk arsitek juga membantu (bagian cara tarik garis dari horizon or infinity). emang kalo mau bener2 realistik susah. untuk komik kayanya ga perlu terlalu real sih. kaya gambar buat avatar itu dah bagus kok. |