membuat gambar gaya komik hongkong (manhua)

HomeForumBooksmembuat gambar gaya komik hongkong (manhua)


#1
yanuarep 2 Oktober 2008 jam 3:12am  

eh apa ada yg tau tips atau trik untuk membuat gambar dari foto menjadi gaya komik hongkong???

aku dah coba cari-cari gak ketemu jg.
adanya cuma cara utk manga (komik jepang)

#2
yanuarep 2 Oktober 2008 jam 3:14am  

sebagai tambahan, temanku katanya pernah lihat dlm suatu situs bhs china, dg program photoshop.
krn kendala bahasa aku jd gak bisa cari.
cari dlm bahasa inggris gak ketemu.

#3
Azalae 2 Oktober 2008 jam 2:59pm  

udah tau ini? Man Wai Cheung & Wai Kit Leung -How To Draw Kung Fu Comics
http://www.amazon.com/How-Draw-Kung-F...1588993949
http://www.scribd.com/doc/3118171/How...-Fu-Comics

paling penting belajar anatomy, motions, lighting, fabric. kalo udah ngerti gampang kok niru style orang laen.

sebenernya masalah style ga penting. tiap orang punya style sendiri ga harus sama. malah terlalu sama juga bikin bosen.

#4
yanuarep 8 Oktober 2008 jam 12:39am  

trims atas petunjuknya.
situs memang membuka wacana mengenai cara membuat manhua.
tetapi yang aku cari adalah cara utk membikin gambar "realisitik"
seperti yg ada di cover - cover buku tsb, yang dapat dibilang sangat realistik dan bagus.

#5
Azalae 8 Oktober 2008 jam 12:15pm  

untuk realistik emang mesti belajar.

  • anatomy (paling penting) - susunan tulang, proporsi otot, wajah.
  • motion & martial art - gerakan dan jurus realistis.
  • lighting - gambar bayangan yang realistik.
  • fabric - lekuk dan gerakanan baju, kain, jubah.

untuk sumber jurus silat tergantung fokus. kalo mau bikin gerakan bagus, cukup liat film/seri silat. koreografi keren tapi cuma tarian. dibuat berantem beneran ga berguna. untuk jurus beneran terpaksa kursus bela diri. gerakan biasanya ga bagus tapi bertenaga.

kostum dan arsitek bangunan baca buku sejarah dan liat documentary. jangan liat film/seri silat, kebanyakan salah.

mengenai senjata baca tentang logam, sejarah, dan budaya. tiap senjata dibuat untuk tujuan tertentu dan hanya di daerah tertentu. tergantung fokus juga. mau tampilan keren ato realistik. misal senjata Cloud di Final Fantasy pake Claymore raksasa. untuk tampilan keren tapi ga masuk akal.

51ev4NUDuTL._SS500_.jpg
misal contoh cover buku di atas juga ga realistik:

  • anatomy: coba liat proporsi tubuh ga imbang kan. torso (pinggang ke atas) lebih kecil dari kaki. kaki terlalu besar dan panjang.
  • koreografi: form untuk jurus juga ga realistik. berdiri di satu kaki, tangan kanan pake pedang maju terlalu jauh. center of gravity ga di tengah, terlalu berat ke depan (ditambah berat pedang). keliatannya sih keren tapi ditiup angin dikit udah jatuh. :giggle:
  • pedang: bentuk emang keren tapi ga berguna untuk berantem. paling parah di crossguard. guna crossguard untuk ngelindungi tangan biar ga maju sampe blade. tapi digambar bentuknya malah bisa ngelukai pemakai. pedang kaya gini biasanya buat hiasan ritual/upacara bukan berantem.

jadi untuk realistis jangan terlalu mencontoh komik yang sudah ada. paling penting banyak membaca buku non-fiksi untuk cari ilmu. :)

#6
yanuarep 11 Oktober 2008 jam 2:34am  

:o wah memang benar, thanks banget atas masukannya.
aku sekarang lagi coba bikin gambar wajah. tapi susah jg ngatur highlight ama shadow nya :? maklum baru pemula. :p

#7
Azalae 12 Oktober 2008 jam 2:50pm  

iya gambar realistik emang susah. jaohhh lebih susah drpd kartun imut. makanya komik ato kartun jarang pake realistik. terlalu lama ntar bikinnya. ato mendingan liat komik barat, lebih real.

wajah pelajari mulai dari bentuk tengkorak. trus proporsi otot kepala. heheh jangan ngikuti petunjuk gambar kepala pake pedoman kartun (bikin lingkaran trus dibagi dua dst).

kalo udah ngerti anatomy tinggal banyak liat foto untuk pelajari ekspresi. tapi kalo ga ngerti anatomy cuma liat foto lebih susah. kan masih ga ngerti proporsi tulang dan otot.

shadow harus ngerti pelajaran lighting tuh. pantulan cahaya lampu ama matahari beda. ga cuma sudut aja, harus liat light diffraction juga misalnya. sama2 cahaya matahari di ruangan berdebu ama ruangan bersih juga beda. pelajaran gambar perspektik untuk arsitek juga membantu (bagian cara tarik garis dari horizon or infinity).

emang kalo mau bener2 realistik susah. untuk komik kayanya ga perlu terlalu real sih. kaya gambar buat avatar itu dah bagus kok.